Senin, 24 Maret 2014

Pulau Merah "kuta" nya Banyuwangi #katanya

Jujur sebagai warga banyuwangi saya malu karena baru 2tahun terahir ini mengetahui destinasi ini, selama ini kemana aja kok saya baru tau yaa???!!. Itupun karena ada even "surfing" bertaraf internasional  yg diadakan disini, kalo nggak gak tau dah entah kapan saya akan mengetahuinya.
  Pulau Merah namanya, terletak di kecamatan pesanggaran kira-kira 80km selatan kota banyuwangi. Orang-orang sini bilang Pulau merah adalah "kuta" nya banyuwangi, mungkin karena garis pantainya yang panjang,ombaknya yg keren buat surfing dan pasirnya yg merah kecoklatan jadi keliatan mirip sama pantai "kuta" bali. Tapi bagiku Pulau Merah memiliki nilai plus daripada "kuta" karena di sini memiliki pulau karang yg jadi icon pulau merah yang menjadikan Pulau Merah semakin cantik kayak pake pita hihihi >.^. Sayang sekali pulaunya cuma satu coba banyak pasti sudah jadi miniaturnya wayang Raja Ampat hehehe. Disini jg gak ada mall dan resto di tepi pantai kayak di kute tapi jangan khawatir kalo mau makan, beli souvenir ataupun bermalam disini. Di tepi pantai sudah banyak pedagang kaki lima yang menjual sovenir, warung2 makanan dan home stay dengan harga terjangkau 100rb/mlm.
  Meskipun belum ada angkutan umum menuju Pulau Merah, tapi jalan menuju destinasi ini sangat mudah. Selain jalannya yg mulus seperti wajah saya disepanjang jalan mulai dari jajag sampai tempat tujuan sudah terpasang penunjuk arah menuju Pulau Merah. Tiket masuk Pulau Merah juga sangat murah cuma 3rb/org dan biaya parkir motor 2rb/motor (untuk harga parkir mobil lupa nanya cz biasa pake motor sih =)). Yakin murah banget dah untuk destinasi secantik ini.
  

Pulau Merah dengan Payung-Payung Merah

dari sisi kiri pulau

Sepi berasa Pantai pribadi
Pasir Pantai  hasil Jepretan  sutmatomo eko nih ;)

    Sekedar saran kalau kesini jangan pas hari minggu/hari libur biar sepi biar puas menikmati pantai berasa pantai pribadi. Saya sih ga bosen meski udah beberapa kali kesini.. kamu?????



12 komentar:

  1. Udah pernah dari sini. Pantainya memang benar-benar keren, dan ya agak mirip dng Kuta di Bali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kapan tuh kesini?? mirip bak pinang di belah belah ya bang hehe

      Hapus
  2. hai mbak siti,, nama saya anggi.. mbak rencananya aku mei ntar pengen ke baluran nih buat penelitian.. hehehe trus pulangnya kece kali yah mampir dulu ke pantai ini.. kalo dari TN. Baluran ke pantai sana transportasinya gimana mba'e?? hehehe kita harus naik apa trus biaya nya berapa?? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga mb anggi.. setau saya untuk ke Pulau Merah ga ada kendaraan umum saya kemana2 biasa pake motor mbak, ini hasil investigasi teman2 kl dr baluran=>ketapang bisa naik bis (5-10rb), dari ketapang=>karang ente naik angkot (5rb), karang ente=>terminal jajag (bis kecil 5-10rb) nah dr jajag ini sudah ga ada kendaraan umum lagi mungkin bisa pake ojeg ke pulau merah nya(kira2 20rb).. atau kl mau angkot yg diketapang biasanya mau di charter (200-250rb pinter2 nego aja)

      Hapus
    2. Wah baru mau nanya gimana rute angkutan umum ke Pulau Merah sudah dijelaskan di kotak komentar, hehehe. Yosh! Harus semangat ini, Banyuwangi-Jogja 12 jam lebih.

      Hapus
    3. mas wihikan dr jogja?? kl dari jogja pake kereta mending turun di stasiun kalibaru lanjut naik bus ke terminal jajag baru cari ojeg/nebeng/carter angkot

      Hapus
  3. Hai mbak, baru tahu mbaknya juga punya blog traveling.
    Membaca postingan ini bikin nyesel mbak, nyesel kenapa dulu ke situbondo-banyuwangi cuma ke Baluran sama Kawah Ijen doang>
    Ah. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum telat untuk berkunjung ke banyuwangi (lagi) maseee :D

      Hapus
  4. Hai mbak, lengkap bgt loh info transportasi umumnya :) tp untuk durasi wktu , kira2 brp lama yah dari baluran - pulau merah ? Untuk pginapan ada cp mungkin ? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk durasi waktu baluran-pulau merah kira2 3 jam mbak.. maaf untuk cp penginapan saya ga punya

      Hapus
  5. Aku bersumpah akan kesini sebelum kawin hahaha. Cakepppppp :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari kemariiii.... trus kapan kawin??#eh hahaha

      Hapus